KEGIATAN PEDULI SEKITAR PT. SUMBER MULIA HASILGUNA
OLEH :
NAMA : ANNISA JUDITH ADITYA
NPM : 2056031015
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI (S1)
FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG
2021
Latar Belakang
PT. Sumber Mulia Hasilguna merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dibidang teknologi dan alat elektronik. Sampai saat ini PT. Sumber Mulia Hasilguna telah memiliki distributor kurang lebih 10 distributor yang sudah bekerja sama dengan kami. PT. Sumber Mulia Hasilguna berdiri sejak tahun 2010. Menginjak umurnya yang ke-11 ini PT. Sumber Mulia Hasilguna merasa bahwa kontribusi terhadap masyarakat terutama masyarakat sekitar sangat kurang.
Analisis Permasalahan
Setelah terjadinya ancaman krisis ekonomi yang mengancam keberadaan perusahaan sejak tahun 2015, maka konsistensi perusahaan di bidang hubungan dengan masyarakat sangat menurun. Sejajar dengan kurva pendapatan yang juga turut menurun selama lebih kurang 2 (dua) tahun terakhir.
Selama itu pula masyarakat Banten yang merupakan masyarakat disekitar daerah Pabrik, merasa kurang diperhatikan oleh PT. Sumber Mulia Hasilguna. Perusahaan ini selama berdiri belum pernah mengalami kejadian seperti ini. Hal ini murni karena ancaman keadaan ekonomi yang terjadi beberapa tahun terakhir.
Masyarakat Banten menganggap bahwa PT. Sumber Mulia Hasilguna hanya mengambil keuntungan dari keberadaannya di kawasan Banten tanpa adanya kontribusi terhadap masyarakat. Setidaknya selama dua tahun terakhir. PT. Sumber Mulia Hasilguna dianggap mengabaikan kesulitan ekonomi yang dihadapi warga juga permasalahan sosial yang terjadi dan berkembang di masayarakat. Yang tersebut mendorong warga untuk melakukan tiga kali demonstrasi kepada PT. Sumber Mulia Hasilguna selama rentang waktu satu tahun.
Berdasarkan survei yang telah dilakukan ditemukan fakta bahwa sebagian besar warga Banten dengan rentang umur di atas 40 tahun memiliki pendidikan yang cukup rendah. Juga produktifitas yang juga sangat minim.
Melihat fakta di atas dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh PT. Sumber Mulia Hasilguna dalam hubungannya dengan masyarakat sekitar merupakan masalah konsistensi Costumer Social Responsibility (CSR) menjaga situasi dan kondisi masyarakat.
Setelah melewati ancaman krisis ekonomi, kini PT. Sumber Mulia Hasilguna, bertepatan dengan perayaan 11 tahunnya, akan mengembalikan image perusahaan di mata masyarakat sekitar.
Tujuan
Sebagaimana latar belakang dan analisis permaslahan yang telah dijelaskan di atas, maka kegiatan ini bertujuan utama membentuk masyarakat mandiri dan produktif. Agar apabila kejadian serupa terulang perusahaan tidak menanggung baban moral kepada masyarakat terlalu tinggi. Mengingat bahwa tujuan akhir kegiatan ini masyarakat dapat mandiri dalam melaksanakan kegiatan dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Serta meningkatkan tingkat produktifitas masyarakat.
Sasaran Program
Masyarakat Banten merupakan masyarakat dengan banyak latar belakang ekonomi dan sosial. Oleh karena itu PT. Sumber Mulia Hasilguna memfokuskannya pada sasaran untuk keluarga ekonomi menengah kebawah. Dengan total penduduk 3500 jiwa. Namun dari hasil survei terdapat sekitar 300 masyarakat yang akan dijadikan sasaran pada program ini.
Program “PEDULI SEKITAR”
Untuk mencapai tujuan dari acara ini, PT. Sumber Mulia Hasilguna menyelenggarakan serangkaian acara bertajuk "PEDULI SEKITAR". Serangkaian kegiatan yang menggunakan ideologi pemberdayaan atau pemberdayaan. Masyarakat akan diberdayakan dan mengembangkan jiwa wirausaha dan elemen kualitas hidup lainnya.
Ada 3 (tiga) tahapan dalam rencana tersebut, yaitu pembinaan, pelaksanaan dan kemandirian jangka panjang. Pada tahap pembinaan, tujuan utama dari program ini adalah untuk mendapatkan bimbingan kewirausahaan dari pembicara yang profesional dan sangat inspiratif. Pada tahapan ini tidak hanya materi untuk berwirausaha, tetapi juga materi untuk meningkatkan kualitas hidup seperti semangat, pengembangan spiritual, dan sikap hidup.
Tahap kedua adalah implementasi. Pada tahap ini, tujuan utama akan memiliki kesempatan untuk menerapkan materi kewirausahaan yang diperoleh pada tahap pembinaan. Pada tahap ini sasaran utama akan mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan materi kewirausahaan yang telah didapatkan pada tahap bimbingan. Pada tahap ini pula sasaran utama akan diberikan insentif berupa materi usaha baik dana maupun benda usaha yang sifatnya dipinjamkan tanpa tambahan bunga apapun. Justru sasaran utama akan diberikan subsidi berupa benda usaha yang asalnya dari hasil produksi PT. Sumber Mulia Hasilguna.
Tahap ketiga yaitu mandiri jangka panjang. Dalam tahap ini masyakarakat sebagai sasaran utama telah siap mandiri diseluruh aspek sebagaimana telah diberikan pada tahap bimbingan. Terutama dari segi ekonomi dan kualitas hidup yang lebih baik. Atau bahkan kemampuan ini bisa dikembangkan secara kolektif oleh seluruh warga Banten. Pada tahap ini pula akan diadakan pengawasan terhadap kemajuan proses usaha warga.
Berikut jadwal pelaksanaan kegiatan.
NO . Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Waktu Pelaksanaan
1 Sosialisasi Tahap 1 4 Agustus 2021 08.00 – 13.00 wib
2 Sosialisasi Tahap 2 5 Agustus 2021 08.00 – 13.00 wib
3 Masa Pengumpulan Peserta 6-9 Agustus 2021 08.00 – 16.00 wib
4 Materi 1 Wirausaha 20 Agustus 2021 08.00 – 10.00 wib
5 Materi 2 Wirausaha 22 Agustus 2021 08.00 – 10.00 wib
Materi 2 Motivasi 11.00 – 12.00 wib
6 Materi 3 Wirausaha 25 Agustus 2021 08.00 – 10.00 wib
Materi 3 Motivasi 11.00 – 12.00 wib
7 Materi 4 Wirausaha 27 Agustus 2021 08.00 – 10.00 wib
Materi 4 Motivasi 11.00 – 12.00 wib
8 Masa Pelaksanaan, Pengawasan, dan Evaluasi 29-31 Agustus 2021
9 Silaturahmi, Pemberian penghargaan “PEDULI SEKITAR” 4 September 2021
10 Masa Pengawasan dan Evaluasi 2
11 Rapat Evaluasi Tim Humas dan Direksi 15 September 2021
Rencana Anggaran
No BIDANG/HAL Qty Nominal Jumlah
1 Kop Surat, amplop, alat tulis – Rp 15.000 Rp 15.000
2 Printing – Rp 20.000 Rp 20.000
3 Foto kopi dan jilid – Rp 20.000 Rp 20.000
4 Nametag panitia dan peserta 300 Rp 2.000 Rp 600.000
Total Rp 655.000
II ACARA DAN PROGRAM
1 Sertifikat 300 Rp 1.000 Rp 300.000
2 Materi Pertemuan Teknis – Rp500.000 Rp 500.000
Total Rp800.000
IV LOGISTIK
1 Konsumsi Sosialisasi (snack) Rp 15.000 Rp 3.500.000
2 Konsumsi pembicara (snack) Rp 10.000 Rp 450.000
Total Rp 3.950.000
TOTAL KESELURUHAN Rp 4.605.000
Evaluasi Program
Setelah pelaksanaan kegiatan “PEDULI SEKITAR” selesai sebagaimana jadwal yang telah terbentuk, maka Tim Humas akan mengadakan evaluasi bertahap, di antaranya ada tiga tahap utama. Pertama, tahap pengawasan jangka pendek (Evaluasi 1/basic level). Kedua, tahap pengawasan jangka menengah (Evaluasi 2/ intermediate level). Dan ketiga, tahap pengawasan jangka panjang (Evaluasi 3/ advance level), yang merupakan tahap pengawasan jalannya usaha masyarakat secara tidak langsung sampai dengan dilaksanakannya program serupa di waktu yang akan datang.
Indikator keberhasilan tentu saja sesuai dengan tujuan yang ada yaitu meningkatnya ekonomi masyarakat dan kualitas hidup masyarakat. Evaluasi disini menggunakan bentuk evaluasi kehumasan dan perusahaan. Secara perusahaan yang dievaluasi adalah keuntungan yang di dapatkan (cost efficiency) dan keberhasilan tujuan. Secara kehumasan evaluasi akan fokus pada goal achievement, measurement of improvement and results, unplaned results dan unarticulated hope.
Penutup
Semoga terselenggaranya Sosialisasi dan Pelaksanaan Program “PEDULI SEKITAR” yang diselenggarakan oleh PT. Sumber Mulia Hasilguna ini dapat mencapai hasil dan tujuan yang diharapkan, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi warga dan kualitas hidup masyarakat Banten.
0 comments:
Posting Komentar