Kamis, 16 Desember 2021

QNA

 Q N A MANAJEMEN HUMAS

 

Disusun Oleh:

Nama                          : Annisa Judith Aditya

NPM                           : 2056031015

Kelas                           : Ilmu Komunikasi Paralel

Jurusan                        : Ilmu Komunikasi

 

Mata Kuliah                : Manajemen Humas

Dosen                          : Bangun Suharti, S.Sos. M.IP.

 



 

Jurusan Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Bandar Lampung

Desember 2021


1. Sebut dan jelaskan tujuan kegiatan MPR kaitannya dengan kepercayaan public dan marketing produk/ jasa

Jawab : Marketing Public Relations (MPR) bertujuan mendukung fungsi pemasaran, seperti membuat branding, targeting dan meningkatkan citra dan kepercayaan publik. MPR melakukan bauran komunikasi seperti kampanye, face to face communications dan juga komunikasi kelompok. Kemudian juga menggunakan media yang beragam seperti media khusus, internal, massa, dll. Dengan adanya branding tersebut tentu akan membuat sebuah nama pada suatu produk yang terkenal, contoh : Brand image yang akan dibentuk : Kecap Bango = selera nusantara. Semua orang telah mempercayakan kelezatan masakannya pada kecap Bango.

2. Sebut dan jelaskan masing-masing stakeholder dan minat-kepentingan mereka pada perusahaan

Jawab : Stakeholder terbagi menjadi 2 maca yaitu Internal Stakeholders dan External Stakeholders. Internal stakeholders contohnya seperti karyawan atau pekerja dan human interest mereka adalah Gaji, Reward dan Punishment, Jenjang Karier dan Prospek masa depan. Sedangkan External stakeholders contohnya seperti Pemasok / Supplier dan human interest mereka adalah jaminan barang habis terjual, jaminan jika return barang masih baik dan jaminan pembayaran tepat waktu.

3. Sebut dan jelaskan beberapa kegiatan PR dengan media (media relations)

Jawab : Salah satu contoh kegiatan PR dengan media adalah Press Release. Press Release sendiri yaitu Menuliskan berita untuk diketahui lebih lanjut oleh media. Hal ini, merupakan undangan tidak langsung kepada media, untuk dipersilahkan mengetahui berita dan informasi dari perusahaan. Kemudian terdapat kegiatan Press Conference yang tidak berbeda jauh dengan press release yaitu Mengundang secara langsung press, untuk datang dan mendengarkan, mencatat dan memberitakan informasi yang sudah dijelaskan, Biasanya digunakan untuk menjalin hubungan dengan media, maka ada acara lunch Bersama, Penataan Ruang, pejabat yang akan bicara dan topik pembicaraan harus dirancang sebelumnya dengan baik.

4. Sebut dan jelaskan target kegiatan PR baik internal maupun eksternal stake holder

Jawab : Target kegiatan PR sendiri tergantung dari macam stakeholder yang dipilih seperti target internal stakeholder yaitu lebih ke terpenuhinya keinginan tersendiri sedangkan eksternal stakeholder biasanya merupakan sesuatu yang berfokus pada perusahaan ataupun sosial sehingga targetnya biasanya berupa keuntungan serta terpenuhinya hal-hal dalam tujuan tersebut. Secara inti target dari PR dalam stakeholders ialah agar tercapainya human interest pada masing-masing macam stakeholders.

0 comments:

Posting Komentar